Apa itu Merek Generik

Apa Itu Merek Generik?
Istilah merek generik mengacu pada jenis produk konsumen di pasar yang tidak memiliki nama atau logo yang dikenal luas karena biasanya tidak diiklankan. Merek generik biasanya lebih murah daripada merek nama merek karena kurangnya promosi , yang dapat meningkatkan biaya barang atau jasa. Merek-merek ini, yang dirancang sebagai pengganti barang bermerek yang lebih mahal, sangat umum di industri makanan dan farmasi dan cenderung lebih populer selama resesi.

POIN PENTING
Merek generik adalah produk konsumen tanpa nama atau logo yang dikenal luas karena biasanya tidak diiklankan.
Merek generik dikenal dengan kemasan dan labelnya yang sangat mendasar, serta harga yang lebih murah.
Obat generik atau merek farmasi dapat dibuat ketika paten dari obat bermerek telah berakhir.
Memahami Merek Generik
Merek-merek ini dikenal dengan kemasan yang dipangkas dan label polosnya. Alih-alih dikenal dengan nama merek , produk generik dibedakan berdasarkan karakteristiknya sendiri. Semua ini membantu menjaga harga produk turun secara signifikan.

Saat membandingkan produk generik dan nama merek, konsumen cenderung memperhatikan dan membandingkan daftar masing-masing bahan. Sebagian besar konsumen percaya bahwa obat generik memiliki kualitas yang lebih rendah dibandingkan dengan nama merek. Namun, kualitas merek generik umumnya sebanding dengan produk merek tertentu. Terlepas dari perbedaan harga antara nama dan merek generik, hanya ada sedikit perbedaan rasa atau nutrisi di antara keduanya. Beberapa konsumen mungkin lebih memilih obat generik — begitu mereka sering disebut — daripada merek ternama, meskipun harganya bukan faktor pertimbangan.

Seperti disebutkan di atas, merek generik dapat ditemukan di industri makanan dan minuman serta farmasi. Misalnya, supermarket mungkin menawarkan produk generiknya sendiri — katakanlah produk susu seperti krim asam — di samping produk bermerek untuk menarik pelanggan yang sadar biaya. Atau apotek mungkin menawarkan konsumen alternatif generik untuk ibuprofen Advil.

Pertimbangan Khusus
Obat atau farmasi generik dapat dibuat saat paten obat bermerek nama kedaluwarsa. Di AS, yang bertanggung jawab atas sebagian besar paten obat, jangka waktu paten adalah 20 tahun. Ada juga periode eksklusivitas — lamanya tergantung pada jenis obat dan penggunaannya. Setelah paten berakhir dan eksklusivitas dipenuhi, satu produsen diizinkan untuk memproduksi versi obat bermerek yang identik secara kimiawi dan generik. Pada akhir periode eksklusivitas generik, produsen lain yang dapat membuktikan bahwa ia dapat mencapai kemanjuran obat yang sama dapat membuat versi generik dari obat tersebut.

Beberapa produsen bahkan dapat membuat versi generik dari obat bermerek mereka, baik dengan membuatnya sendiri atau mengontraknya ke produsen lain. Strategi ini masuk akal karena kebijakan perusahaan asuransi sering menentukan bahwa generik, bila tersedia, harus ditentukan. Obat generik dijual dengan harga diskon dari obat bermerek, seringkali sekitar 80% lebih murah. Karena persaingan, margin obat generik bisa sangat tipis. Baru-baru ini pada tahun 2015, diperkirakan bahwa obat generik telah menyelamatkan konsumen AS sekitar $ 1 triliun selama dekade sebelumnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *