Kata Pakar Geofisika Soal Makam Menggelembung di Pariaman

hli Geofisika Universitas Andalas( Unand) Padang Badrul Mustafa berkata penyelidikan secara geologi bisa dicoba buat mengenali pemicu menggelembungnya tanah kuburan di Nagari Sungai Asam, Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat. Terdapat sebagian perihal yang baginya dapat dicermati.

” Awal wajib ditentukan dahulu meningginya tanah kuburan bukan ditimbun oleh manusia, karena bila itu disengaja hendak gampang ditemukan tanda- tandanya,” kata Badrul Mustafa di Padang, Rabu( 31/ 3) Ahli Geofisika .

Berikutnya, kata Badrul, wajib dicoba penyelidikan secara geologi dengan metode digali satu lubang buat menyelidiki tipe isi tanah tersebut.” Dapat saja terdapat mungkin gas, sebab masanya rapat sedangkan bumi terus menjadi ke dasar makin berat, pasti yang ringan hendak naik ke atas lewat rekahan,” ucapnya.

Terpaut terdapatnya mungkin rekahan sebab gempa, dia membenarkan wilayah tersebut bukan dilalui oleh patahan gempa bumi. Tidak hanya itu, katanya, pula bisa dicoba penyelidikan geofisika melalui tata cara geolistrik dengan perlengkapan tanpa melaksanakan pengeboran.

Baca Juga : Mau Buka Cafe Ataupun Kedai Kopi? Ini Panduan Nya!

Dia pula memohon warga tidak mengaitkan fenomena ini dengan perihal mistis, sebab dapat dipaparkan dengan riset serta ilmu pengetahuan penyebabnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *