Nilai Perencanaan Strategis dalam Bisnis Startup

Penulisnya adalah seorang programmer berusia pertengahan dua puluhan yang, menurut pengakuannya, telah menemukan algoritma khusus yang, dalam waktu singkat, menarik perhatian dan minat Google. Dengan kesuksesan ini dan banyak uang di bank, penulis merasa terdorong untuk membagikan metode kesuksesannya kepada kita semua. Saya yakin niatnya baik, tetapi Hukum Bisnis Untuk Bisnis Kecil kurangnya pengalaman luas di berbagai lingkungan dengan cepat melompat dari halaman.

Saat saya membolak-balik buku, saya menemukan pemikirannya tentang perencanaan strategis. Saya sangat kecewa, nasihatnya tentang topik kritis misi ini sangat sederhana; jangan repot-repot merencanakan, lakukan saja. Penulis merasa hal-hal bergerak cepat Jasa Pembuatan Kontrak Kerja Bisnis di Jakarta untuk mengambil kesulitan dan waktu perencanaan. Lihat saja saya, katanya, saya tidak berencana dan saya bernilai jutaan!

Sekarang, bagi saya, itu setara dengan membandingkan metodologi eksplorasi minyak Jed Clampett dengan Exxon/Mobile dan menyatakan, dengan tegas, bahwa pendekatan Jed adalah cara terbaik untuk menemukan minyak. Penulis ini tidak sendirian dalam perspektifnya. Saya telah menemukan lusinan penipu di internet yang berjanji untuk mengajari Anda cara “menghancurkannya” dan menghasilkan puluhan ribu dolar sehari hanya dengan mengikuti proses pemasaran internet “sangat sederhana, siapa pun dapat melakukannya”. Apa yang mereka gagal untuk memberitahu Anda adalah mereka pada dasarnya menjual Anda pada proses bahwa mereka menjual Anda, dan tidak lebih. Produk mereka adalah proses penjualan yang mereka gunakan untuk mendapatkan uang Anda. Banyak yang membual tentang betapa gagalnya mereka sampai mereka menemukan pendekatan luar biasa untuk “pemasaran konten” ini, ”

Faktanya adalah, perencanaan strategis adalah satu-satunya langkah terpenting yang harus diambil oleh calon wirausahawan sebelum mereka melakukan hal lain. Memang, petir terkadang menyambar, dan beberapa orang cukup beruntung untuk menemukan ide yang tepat pada waktu yang tepat. Namun, itu adalah tembakan omong kosong ketika Anda mempertaruhkan mata pencaharian dan masa depan Anda pada keberhasilan atau kegagalan usaha Anda.

Anda lihat, strategi Anda adalah peta jalan Anda menuju kesuksesan. Ini adalah dokumen manajemen yang hidup yang meningkatkan kesadaran Anda. Kesadaran akan diri sendiri, penggerak pasar utama, kemungkinan hambatan masuk, potensi risiko, berbagai peluang, dan lanskap persaingan yang akan Anda masuki. Menyelam ke dalam bisnis tanpa rencana strategis yang dipikirkan dengan matang sama bijaksananya dengan menyerbu negara asing tanpa peta, tidak memiliki keterampilan bahasa lokal, tidak memahami budaya lokal, dan tanpa tujuan apa pun selain ingin menang.

Saya membaca sebuah blog belum lama ini yang menekankan poin saya, meskipun secara tidak langsung. Blog ini ditulis oleh seorang pengusaha serial yang menjadi pemodal ventura yang telah menikmati kesuksesan luar biasa selama tiga dekade terakhir. Dia menulis tentang lima alasan utama mengapa bisnis startup gagal. Setelah menghabiskan satu dekade terakhir bekerja dengan perusahaan rintisan sendiri, saya pikir dia membuat beberapa poin menarik.

Lima alasan utama bisnis gagal adalah (tanpa urutan tertentu):

1.) Masalah Pasar
2.) Kegagalan Model Bisnis
3.) Tim Manajemen yang Buruk
4.) Kehabisan Uang Tunai
5.) Masalah Produk

Masing-masing faktor ini dapat, dan harus, ditangani melalui proses perencanaan strategis yang komprehensif. Inilah alasannya:

Masalah pasar dapat diantisipasi dan, sebagian besar, dihindari dengan melakukan penilaian pasar secara menyeluruh. Masalah pasar termasuk waktu yang buruk, proposisi nilai yang diungkapkan dengan buruk, dan/atau pasar terlalu kecil atau mahal untuk diakses. Tidakkah Anda ingin mengetahui hal-hal ini sebelum pergi ke pasar?

Kegagalan model bisnis berkaitan dengan tidak memahami bagaimana seseorang akan menarik, mengamankan, dan melayani pelanggan. Model bisnis seseorang harus diperiksa dan “diuji stres” dari berbagai perspektif sebelum diluncurkan. Skenario kasus terburuk harus dieksplorasi untuk menilai potensi dampak situasi ini terhadap tingkat pembakaran uang seseorang. Jadi Anda lihat di sini, bagaimana faktor ini bisa mendorong yang lain, kehabisan uang. Satu hal yang saya pelajari selama bertahun-tahun adalah hal-hal akan memakan waktu lebih lama dari yang Anda pikirkan. Penundaan ke pasar membutuhkan biaya. Anda perlu merencanakan kemungkinan ini.

Dalam pengalaman saya, manajemen yang buruk, pada kenyataannya, adalah satu-satunya alasan paling signifikan mengapa startup gagal. Selama bertahun-tahun saya bekerja dengan pengusaha dan startup yang digerakkan oleh investor, saya belum pernah melihat perusahaan gagal karena produk atau teknologinya gagal. Bencana biasanya terletak di kaki manajemen. Satu studi penelitian terbaru yang saya baca menunjukkan bahwa lebih dari dua pertiga startup gagal karena manajemen yang lemah. Manajemen yang lemah cenderung mereplikasi dirinya sendiri… manajer yang lemah membangun organisasi yang lemah. Organisasi yang lemah membuat rencana strategis yang lemah dan gagal untuk mengeksekusi.

Kehabisan uang tunai biasanya merupakan hasil dari perencanaan yang buruk juga. Hal ini terutama berlaku di perusahaan rintisan yang didorong investor di mana salah langkah mengenai pengembangan produk, penargetan pelanggan yang buruk, asumsi yang buruk tentang tingkat adopsi produk, dan sejenisnya dapat menghabiskan cadangan seseorang. Meningkatkan terlalu cepat, menambahkan overhead yang tidak perlu, dan perekrutan manajemen yang buruk juga dapat berkontribusi pada risiko ini.

Masalah produk terjadi ketika proses pengembangan terlalu jauh dari target pelanggan. Memang, beberapa penyesuaian hampir selalu perlu dilakukan setelah produk diluncurkan, tetapi pemahaman yang tajam tentang kebutuhan, keinginan, dan lingkungan pelanggan akan membantu mengurangi risiko Anda kehilangan barang ke pasar.

Semua faktor ini ditangani melalui proses perencanaan strategis. Rencana Anda harus menjadi dokumen hidup dan tidak kaku juga. Saat Anda melibatkan pasar, Anda akan mempelajari hal-hal yang memungkinkan Anda menyempurnakan strategi dan mempercepat kesuksesan Anda. Rencana Anda juga akan memungkinkan Anda untuk menetapkan gerbang keberhasilan (atau tonggak) dan mengidentifikasi indikator awal masalah yang memerlukan perhatian Anda. Menangkap masalah sejak dini, sebelum menghabiskan uang Anda, mengikis nama Anda di pasar, atau membantu Anda mengidentifikasi masalah personel dapat menjadi perbedaan antara kesuksesan dan kegagalan.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *